Senin, 07 Januari 2013

                   INOVASI 



A.    PENGERTIAN INOVASI

Dalam pengertian Inovasi dapat diartikan berbeda – beda. Beberapa pendapat menurut para ahli sebagai berikut :

Pengertian Inovasi menurut Everett M. Rogers

Inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.

Pengertian Inovasi menurut Stephen Robbins

Inovasi adalah suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.

Pengertian Inovasi menurut Van de Ven, Andrew H

Inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dimana dalam jangka waktu tertentu melakukan transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan  organisasi.

Dari beberapa pendapat para Ilmuan diatas, Inovasi dapat diartikan sebagai suatu penemuan baru atau Ide, gagasan, kretifitas yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal yang dapat dikembangkan untuk mencapai suatu hasil yang lebih baik dari sebelumnya.



B.     MACAM – MACAM INOVASI

1.      top-down yaitu inovasi pendidikan yang diciptakan oleh pihak tertentu sebagai pimpinan atau atasan yang diterapkan kepada bawahan, seperti halnya inovasi pendidikan yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Nasional selama ini. contoh lain inovasi yang dilakukan oleh Depdiknas selama beberpa dekade terakhir ini seperti Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), Guru Pamong, Sekolah Persiapan Pembangunan, Guru Pamong, Sekolah kecil,Sistem Pengajaran Modul, Sistem Belajar jarak jauh dan lain-lain.Namun inovasi yang diciptakan oleh Depdiknas bekerjasama dengan lembaga-lembaga asing seperti British Council.

Kelemahan yang dimiliki top-down :

1. Pemerintah lebih berdominan dalam berperan membangun dibandingkan  masyarakat, sehingga masyarakat tidak bisa ikut berperan lebih aktif.

2.   Masyarakat tidak bisa melihat sebarapa jauh suatu program telah dilaksanakan.

3. Peran masyarakat hanya sebagai penerima keputusan atau hasil dari suatu program tanpa mengetahui jalannya proses pembentukan program tersebut dari awal hingga akhir.

4. Masyarakat akan merasa terabaikan karena suara mereka tidak begitu diperhitungkan dalam proses berjalannya suatu proses.

5. Masyarakat menjadi kurang kreatif dengan ide-ide yang dapat membangun pemerintahannya sendiri.

      Kelebihan yang dimiliki top-down :

1.   Masyarakat tidak perlu bekerja serta memberi masukan program tersebut sudah dapat berjalan sendiri karena adanya peran pemerintahan yang optimal.

2. Hasil yang dikeluarkan bisa optimal dikarenakan biaya yang dikeluarkan ditanggung oleh pemerintah.

3.  Mengoptimalkan kinerja para pekerja dipemerintahan dalam menyelenggarakan suatu program.

4.   Masyarakat sendiri hanya tinggal mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah tanpa harus mengupayakan fanismen jika ada pelanggaran yang tidak sesuai.

5.      Masyarakat dapat mencapai tujuan dengan hasil yang memeuaskan.

  1. bottom-up yaitu model ionovasi yang bersumber dan hasil ciptaan dari bawah dan dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan penyelenggaraan dan mutu pendidikan. model inovasi yang diciptakan berdasrkan ide, pikiran, kreasi, dan inisiatif dari sekolah, guru atau masyarakat.


#Kelemahan yang dimiliki bottom up :

1.    Pemerintah akan tidak begitu berharga karena perannya tidak begitu besar.

2. Hasil dari suatu program tersebut belum tentu baik karena adanya perbedaan tingkat pendidikan dan bisa dikatakn cukup rendah bila dibanding para pegawai pemerintahan.

3. Hubungan masyarakat dengan pemerintah tidak akan berlangsung lebih baik karena adanya silah faham atau munculnya ide-ide yang berbeda.

4. Pelaksanaannya kan menyebabkan kerancuan bahkan salah faham antara masyarakat dengan pemerintah dikarenakan kurang jelasnya masing-masing tugas dari pemerintah dan juga  masyarakat.

5.  Tanggung jawabnya atas tugas-tugas akan kurang baik karna adanya ketidak cocokkan.


#Kelebihan yang dimiliki bottom up :

1.  Peran masyarakat dapat optimal dalam memberikan masukan atau ide-ide kepada pemerintah dalam menjalakan suatu program.

2. Tujuan yang diinginkan oleh masyarakat akan dapat berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat karena ide-idenya berasal dari masyarakat itu sendiri sehingga masayarakat bisa melihat apa yang diperlukan dan apa yang diinginkan.

3.  Pemerintah tidak perlu bekerja secara optimal dikarenakan ada peran masyarakat lebih banyak.

4.  Masyarakat akan lebih kreatif dalam mengeluarkan ide-ide yang akan digunakan dalam suatu jalannya proses suatu program.

5.   Ide atau gagasan yang sudah terlaksana dapat menuai hasil sesuai yang direncakan oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

  1. Active learning yaitu Pembelajaran aktif yang bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Di samping itu pembelajaran aktif active learning juga bertujuan untuk menjaga perhatian siswa/anak didik agar tetap tertuju pada proses pembelajaran dan menuai hasil yang baik.


#Kelemahan yang dimiliki active learning :

1.    Peserta didik sulit mengorientasikan pemikirannya, ketika tidak didampingi oleh   pendidik.

2.      Pembahasan terkesan ke segala arah atau tidak terfokus.

3.      Pembelajaran kurang efektif karena perbedaan dari kesimpulan belajar.

4.      Peserta didik yang pasif sulit mengikuti yang aktif.

5.      Ketidak seimbangan peserta didik dalam belajar.


#Kelebihan yang dimiliki active learning :

           1. Melatih peserta didik mengungkapkan pikiran.
           2. Penekanan pada menemukan pengetahuan bukan menerima pengetahuan.
           3. Memberdayakan semua potensi dan indera peserta didik .
           5. Menggunakan metode yang bervariasi.



C.     SOAL LATIHAN

1.    jelaskan pengertian INOVASI menurut pengetahuan anda!

2.   Jika terjadi kesulitan pemahaman materi yang anda sampaikan kepada peserta didik,bentuk inovasi apakah yang anda gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut ?

3.  Adakah medel-model lain dari top-down, bottom up, active learning yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.dan jelaskan jika ada?

4.   Berikan contoh rel top-down yang anda ketahui / terjadi pada anda?

5. Permasalahan apa saja yang terjadi pada model inovasi active learning minmal 3 permasalahan?



D.    KESIMPULAN

Dalam suatu pembelajaran sangat diperlukan bentu inovasi untuk mengatasi atau mengontrol hal-hal apa yang dilakukan dalam suatu program dalam pendidikan maupun dalam pemerintahan untuk mencapai hasil yang baik. Inovasi sendiri mempunyai arti membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru,
inovasi kadang diartikan sebagai penemuan, yang mengembangkan ide-ide baru, gagasan, serta menguangan pikiran dalam bentuk kreatifitas. Dalam inovasi tersebut dalam menunjang perubahan-perubahan baru dari pengembangan yang lama atau sudah ada.
 

E.     REFERENSI

Model-Model Pembelajaran Inovatif untuk Digunakan GuruPERANAN GURU DALAM INOVASI PENDIDIKANHello world!Maret 2012Februari 2012Januari 2012UncategorizedDaftarMasukRSS EntriRSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar